Thursday, December 23, 2004
Manners and Attitudes

What am I talking about this time????

Gak tau ya ... kok lately jadi sedikit memperhatikan masalah manner dan attitude yang berkembang di sekitar saya. Bukannya saya yang sok paling sopan paling ini paling itu .... just what I think from my own humble point of view.

View days ago, saya pulang a bit late karena mempersiapkan presentasi buat besoknya. Trus trus ... bawaan yang harus dibawa duhh bujubuneng .. banyak bener!!!! Saya sampe bawa kursi kantor buat bawain itu folder-folder dan buku-buku yang beratnya ada kali kalo 10 kg (exagerration!!!) heheheehhe .... Pas keluar ruangan, saya dorong pintu kantor dengan punggung saya sambil bawa itu brengkelan saya yang cukup merepotkan. Eh ... suddenly, a man (or a boy? I didn't really pay attention to him) came along and helped me open it. I said thank you nicely. That was that, sampe beberapa langkah kemudian buku2 dan folder2 itu jatuh berantakan .... gedubrakkkkk .... Well, well .. nothing harm has been done, para office boy dan Pak Satpam yang sedang nongkrong di ujung dengan cekatan segera beraksi untuk membantu, but that boy was closer and gave me a hand to pick up those books. I said thnx again really nicely and sepatah dua patah kata yang it's okay, I can do it! He was very young, tapi saya impressed sekali dengan reaksi spontannya yang wowww ... jarang banget saya temuin. While other kids are just being kids. I should give two thumbs up to his parents. Kayak the other day, saya lagi ngantre buat bayar di suatu supermarket, tiba2 di belakang saya nongol anak kecil sekitar kelas 4-5 SD dan bilang, "Permisi." Karena orang tuanya tepat berada di depan kasir. Anak sekecil itu?? Yang biasanya pada gedubrakan gak liyat kanan kiri ....

On the other hand, sering juga sih saya nemuin kejadian yang kadang bikin dongkol banget. Saya sering sekali mencoba buat tertib meskipun gak banget-banget seh. Saya selalu berusaha untuk tidak mengganggu orang lain sehingga satu dengan yang lain merasa nyaman. Pernah suatu kali, saya duduk di suatu bus sebelum boarding ke pesawat. Tiba-tiba ada ibu muda yang lagi kerepotan menggendong bayinya yang masih merah. Ada suami nya siiyy, but still there was no seat left. Saya berpikir, nobody took an action, alrighty saya berdiri dan mempersilakan dia untuk duduk. Setelah saya berdiri, suaminya menyuruh saya duduk dengan pandangan penuh terima kasih dan karena memang masih cukup buat saya duduk. Dan saya amati di depan saya, beberapa bapak-bapak yang sehat dengan tulisan angkatan something di tas nya, belagak pilon malah guyonan antar sesamanya. Wah wah wah .. some manners they got! Sopaaaaaan sekaaaaliiii, berbudiluhur bangettttt!!! COba istrinya lagi hamil gitu dan gak ada tempat duduk, what would they do ya?

Kadang pergi ke mall pada waktu week-end adalah a pin in the ass! But still, sometimes we do it hehehehehe .... kalo di situasi kayak gini,s ering sekali friksi2 kecil terjadi. Kapan itu, temen saya Dn akan turun di suatu tangga menuju parkiran. Ada cukup jalan di tangga tersebut buat 2 orang tanpa saling menabrak satu sama lain. Ternyata ada bapak-bapak juga yang akan turun, and he knew exactly what was going on bahwa di depan teman saya masih ada orang yang akan turun juga. Instead of waiting or just walked next to her, si bapak ini malah mendorong or ya meminggirkan posisi temen saya dengan tangannya. HEBAAATTTTT BENERRR .... Pas temen saya tereak kepada kakaknya dan sedikit menyindir, ehh kok si bapak itu jadi sewot. Berasa di Arab deh, yang kayaknya orang2 pada gak sabaran dan harus mendorong satu sama lain pada saat berjalan. Hey, c'mon ... it's a public area. Gimana siiiyyyy????

Kenapa siiy, meskipun saya ngerti we cant expect everyone to understand tp tetep aja dongkol kalo ada yang kayak gini??? (gak bilang gak sopan lohhhh!!)
Sering siiy saya kadang menegur orang yang ngantre gak bener di kasir or di ATM, just to make them understand. Tapi ... apa iya bangsaku kayak gini. Mannerless, impolite dll dll Padahal di pelajaran PMP jaman dahulu kala sering banget ditulis bahwa bangsa kita adalah bangsa yang berbudaya tinggi, bersopan santun dll dll ... Well who knows?



posted by .:nien:.

|