Saturday, May 28, 2005

Liburan kemaren ....



Sekitar beberapa bulan yang lalu, saya pernah posting dengan judul Manners and Attitudes
Kurang lebih isinya siiy mengenai concern saya terhadap sekitar kita yang kadang suka bikin gregetan. Indonesia dengan berbagai macam perkembangan yang terjadi, akan tetapi dalam hal manners kok kayaknya masih sangat memprihatinkan, well, seperti nyerobot antrean, membiarkan orang tua/wanita hamil berdiri di bus, intinya perilaku yang bertendensi semau gue tanpa peduli dengan kepentingan orang banyak.

Liburan sehari pas Waisak kemaren, saya memutuskan untuk pergi ke Malang yang sudah lama tidak saya kunjungi sejak saya kembali ke Surabaya. Ditambah lagi teman saya yang pindah ke Malang berulangtahun minggu kemaren. Kangennn bangeddd rasanya, sama Malang, sama Dini temen saya dari SMP, yang walopun udah sama-sama berumur kita masih telpon2an hampir tiap hari or even pergi bareng gitu. When she started the training in Jakarta the other day, a part of me already missing (huahuahahah ... dangdud bangeddd!!).
Anyway, she lives in a quite new kost-kostan yang lengkap ada laundry service nya (huwaduhhh ... enak tenan kagak repot!). Karena masih baru, everything masih bersih dan nyaman. Tetapi ada hal yang cukup mengherankan saya, kost2an tersebut serasa hidup around the clock. Why? Karena walopun saya dateng nya udah lumayan late, suasana nya masih sangat rame dengan suara percampuran antara loud music, suara TV dari berbagai macam channel yang bersahutan di tengah remang malam. Dan kurang lebih pada saat subih, saya terbangun tiba-tiba karena ada yang menyalakan film lewat DVD/VCD (karena terdengar musik pembukaan dari 20th century fox) dengan suara super loud. Well ... well ... actually I got the impression that the person salah pencet sehingga terpencet ngebesarin volume instead of ngecilin. But, still .. it was loud enough to wake me up. Thank God, saya gak terlalu rewel sehingga sulit tidur among the crowds. CUman ... apa mereka gak mikir ya kalo orang lain actually bener-bener keganggu.

Keesokan hari nya, setelah saya drop si Dini di proyek nya, saya sempetin buat bersilaturahmi ke bekas induk semang saya sewaktu di malang. Kebetulan beliaunya baru saja dapet pesenan katering, jadinya .. sarapan saya begitu bergizi. YUM!! What a feastful breakfast! Walaupun saya sempet juga tidak bermanner pada beliaunya. Dateng ke rumah beliau dadakan, belum mandi dan dulu waktu saya pindah tugas saya gak sempet pamitan. Terlalu ... Walopun kena omel tapi saya sadar emang salahnya di saya. AMpuuunnnn tanteeeeeee .... Ampuuunnnn!!!

Image hosted by Photobucket.comAlya's story

Anyway, setelah selsei dari tante Nani dengan makanan yang luar biasa dan obrolan yang almost never-ending , saya putuskan untuk untuk melanjutkan untuk melanjutkan silaturahmi ke teman lama pas jaman kuliah dulu. Saya pengen liyat anaknya yang pastinya udah hampir 2 tahun umurnya sekarang. Ternyata pada saat saya sampe di rumah nya, si Embem alias Alya sudah besar dan cantikkkk sekali. Selama hampir setahun saya gak ketemu dengan Rully dan si Mbem (panggilan Alya), ternyata I missed a lot of things. Udah cerewettt bangeddd. Kadang kalo ngomong genit sekali. The thing that makes me amazed adaah bagaiaman anak sekecil itu sudah belajar banyak hal yang mungkin agak sedikit terlewat oleh banyak orang.
Saya surprise sekali pada saat saya dan ibunya nonton TV, tiba-tiba Mbem pengen lewat dan bilang, "Misi Mama, Aya mau lewat."
Atau cerita Rully pada saat menidurkan Alya. Ceritanya niiy ... si Alya udah hampir take-off dan pasti dia berkata, "Misi Mama, Aya udah ngantuk, Mama turun." Di tengah keterbatasan bahasa yang dia punya, ternyata pelajaran sopan santun pun bisa diterapkan oleh anak yang belum even 2 years old.
Furtehrmore, pada saat makan malam, ternyata saya lihat, dia sudah bisa akan sendiri. With a very minimum help from her mom, Alya makan sendiri walopun masih cemong-cemong gak karu2an. Saya sempet nanya sama ibunya,
"Rul, gak dibantu kah? BIasanya kalo Ibu-Ibu gitu suka gak sabar ngeliyat anaknya makan sendiri."
"Namanya Proses belajar, Bu. Aku ngajari Mbem makan dengan environment yang menyenangkan jadi dia bisa makan dengan maunya sendiri tanpa dipaksa-paksa, diuber-uber. Kalopun dibantu ... itupun dengan minimum help. BIar dia mandiri. Lagian aku kurang suka kalo anakku makan sambil disuapin jalan-jalan gitu."
Hmmm ... that makes sense.

Sampe rumahpun, saya tetep perhatiin si anak kecil cantik ini.
"Mbem, sepatunya, Nak!"
Automatically langsung dilepas, ditaroh di tempatnya.

Mungkin those things I mentioned above not really a big thing, tapi itu adalah hal yang luar biasa buat saya. Kalau aja, mungkin separoh dari anak Indonesia bisa kayak Aya ... maybe Indonesia can be a better place to live in. Hiperbola kaleee ... tapi ya ... apa salahnya punya mimpi.
Anyway, ada oleh-oleh fotonya Alya, Enjoykanlah!!!

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com


posted by .:nien:.

|