Tuesday, July 10, 2007
TV vs Reality

Dalam waktu beberapa hari saya menganggur untuk recharging my self buat kesegaran dan kesehatan mental dan spritual (halah ... bahasa saya terasa terlalu canggih), walhasil, saya tidak jauh-jauh dari depan laptop saya (teuteup buat jobhunting dan sekedar hai hai dengan dunia luar), berkunjung ke beberapa teman, mengantarkan mamie saya berbelanja ataupun berkelana keliling kota dengan keponakan yang sedang libur, and finally, saya jadi agak mengikuti apa aja yang ada di TV. Karena memang saya dan mamie dari dulu tidak memasang tv kabel karena beliau merasa nonton tv lokal aja udah banyakan tidur di depan tv dan saya yang emang jarang di rumah.

Kalo saya amat-amati, roughly most programs on tv adalah gak jauh-jauh dari INFOTAINMENT yang keberadaan nya ada di hampir setiap jam dengan berita yang .. hmmmm kurang lebih sama lah. So, you won't miss a thing kalau misalnya Anda kelewatan yang jam 7 dan baru balik jam 8, karena jam 8.30 pun tetep ada. Kalau dibilang every news has different angle in telling the stories. As far as I'm concern ... 11-12 semua lah!

And then, program yg juga hampir tiap jam ada dengan berbagai macam tema walaupun hampir seragam adalah sinetron. Kalau boleh menyimpulkan (habis saya gak betah duduk terlalu lama depan tv, kecuali kalo lagi nonton DVD) tema-tema yang mendominasi adalah yang sebangsa INTAN, WULAN, FITRI yang leading role nya adalah si perempuan yang in a way teraniaya, hamil sebelum waktunya, miskin, dicintai lelaki kaya nan ganteng. Sinetron anak-anak yang saya juga belum sempet liat isinya karena cuman liat iklan nya pada saat cetak cetek channel, seperti Si eneng di TV A, SI Eneng di TV B, Si Entong, dan yang lain-lain yang masih suka pake nama seseorang buat judulnya. Yang lain lagi adalah sinetron-sinetron yang berasa film asing, karena didubbing dengan suara merdu merayu bernuansa mistis yang kental.

Saya gak mau sok-sok an mengelus dada prihatin karena memang industri hiburan berjalan sesuai dengan permintaan pasar yang ada. Entah karena masyarakat Indonesia yang emang masih doyan dengan acara-acara yang begitu? Kadang I can't help my self buat comment yang kurang penting seperti, adudekkkk acara macem apa siy iniiii? Even my mom, yang kalo udah sore pasti udah siap di depan tv dengan segebok tissue di depannya.
Me : Mam, si Intan nya ngapain hari ini?
Mamie : Emboh ... gak ngerti
Me : Lah piye sih? Wong nontonnya sampe mewek-mewek gitu ... Masak gak ngerti? *sewot*
Mamie : Sebel aku ... gak mari-mari (gak selse-selse)!
Me : Lah ngapain ditonton loh kalo gituh?
Mamie : Kadung, sihhh! (terlanjur sih?)


hahahah ... si Mamie ada-ada ajah! Furthermore, demam si INTAN ini merembet ke salah satu rumah di kompleks yang sama a.k.a my sister's house. Wahh kalo kakak saya sih yahud banget, dulu pernah pas TV nya rusak, dia cari tukang reparasi TV di hari minggu ... pokoke kudu beres sebelum si INTAN nongol. Alhasil, just right before tayang, si TV jadi mendadak sehat wal afiat ... walopun right after it ended si TV ngadat lagi. But at least hasrat menonton INTAN nya terpenuhi. Bahkan kapan itu saya liat keponakan cowok saya yang mau berangkat festival PIANO tiba-tiba sudah gembrang gembreng latihan piano di rumah saya pas jam penayangan INTAN karena, "Mama lagi nonton INTAN, makanya aku gak boleh latihan pas waktunya INTAN, jadinya ya ke sini ajah! heheheh ...". Or else, ada komentar dari si sulung kakak saya inih, "Mama nihh ... udah pasang kabel kok yang ditonton teuteup si INTAN" huwaaahhahhaahh ...

Anyway, walaupun acara yang bernuansa anak-anak cukup banyak seperti si Spongebob dan acara kartun-kartun yang lain, tapi sinetron-sinetron tersebut mau gak mau pasti tertontonlah. Saya bukan ahli jiwa ataupun psikolog, cuman apa yang sempet saya tangkap dari tayangan-tayangan itu kok menurut saya nganeh-nganehi.
1. Kesannya itu perempuan-perempuan Indonesia kok gampang banget hamil ya?
comment : emang sih peristiwa MBA di Indonesia juga bukan hal baru, tapi apa ya semudah itu? Kalo dibilang itu moral lesson behind the story ... tetep ah kalo sampe hampir semua tema ada urusan hamdun di luar nikah saya bilang itu absurd!
2. Orang Indonesia kayaknya gampang jahat dan gampang culas, bahkan anak-anak kecil udah terkena wabah culas balas dendam pada sesama.
comment : kasian pemeran anak-anak culas itu. Masih kecil kok udah senam wajah buat jadi culas. Memonyong-monyongkan mulut, menyipit-nyipitkan mata, menaik-naikkan ujung bibir yang dibarengi dengan background sound yang dahsyat ... halaaah!

Apa iya sih, anak-anak kita di usia yang belum remaja udah kepikiran buat bales dendam dan mencelakai yang lain? Sempat saya baca beberapa berita koran tentang anak yang mati karena disiksa temannya, smack-down until realy down, dll. Tapi menurut saya jadi membentuk egg-chicken cycle. Mana yang duluan? Mereka menjadi begitu karena tayangan TV atau tayangan TV yang saya tadi bilang nganeh-nganehi muncul karena fenomena masyarakat yang seperti itu? I really don't know???

Kalau saya boleh share pengalaman sedikit, pas saya lihat tayangan mengenai anak-anak yang saling mengata-ngatai temannya yang disabled (cacat). Kali ini saya ingin mengelus dada prihatin (walopun saya gak lakukan karena takut dipikir aneh?) ... apa iya sih, anak-anak Indonesia sebegitu 'unthoughtful' nya pada yang memiliki 'kekurangan' seperti itu? Apa orang tua jaman sekarang gak pernah mendidik anak-anak sekarang dengan manner? Tapi reality yang saya temukan sih jelas beda! Di salah satu sekolah Islam yang dulunya adalah client saya, di suatu hari yang cerah, saya sempet berbincang-bincang dengan the headmistress (a.k.a kepala sekolah yg berjenis kelamin wanita heheheh - saya singkat Ibu HM) mengenai keberadaan anak cacat di sekolahnya.
Me : Saya tadi lihat di kelas, ada yang disabled ya bu? (padahal saya lumayan bingung juga cari kata-kata yang tepat buat mengungkapkan curiousity saya)
Ibu HM : Iya bu betul.
Me : IC ... kok gak sekolah di SLB ya bu? Apa tidak malah menyulitkan proses belajar mengajar? Bagaimana anak-anak yang lain melihat si A ini?
Ibu HM : Sekolah itu kan intinya kan bukan sekedar cari nilai. Dan ilmu itu kan sebetulnya adalah ilmu hidup yang nantinya digunakan untuk bermasyarakat 'kan bu?
Me : Bener juga?
Ibu HM : Keberadaan anak yang disabled itu, in a way, merupakan pembelajaran untuk semua pihak. Si A ini cuman physically aja yang disabled, tapi secara pemikiran dia normal.
Me :*manggut-manggut*
Ibu HM : Pembelajaran buat si A untuk bermasyarakat dengan keterbatasan yang dia miliki. Dan untuk kami dan anak-anak yang lain adalah pembelajaran untuk menerima berbagai keanekaragaman orang dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Me : Bagaimana dengan anak-anak, bu? *terbayang-bayang sinetron tentang anak-anak yang menculasi temannya yang cacat*
Ibu HM : Alhamdulillah ... mereka sangat pengertian dengan si A. Bahkan pada saat masuk kelas, di kelas yang di lantai 2, tanpa disuruhpun mereka akan voluntarily membantu.
Me : Subhanallah.


I was so amazed with the reality that those kids are actually care and thoughtful pada situasi yang unusual seperti itu. Bahkan si Ibu HM mendapatkan kabar dari ortu siswa, bahwa pada saat mereka jalan-jalan, ada anak cacat yang mau naik eskalator, si anak langsung mengulurkan tangan untuk membantu. Remarkable!
Jadi menurut saya, tayangan TV yang nganeh-nganehi harusnya bisa dibuat lebih close to reality, tapi yang saya bayangkan adalah pasti kurang seru dan kurang rame ya? hehehehh ....

Saya jadi rindu tayangan-tayangan di masa lalu pada saat saya grew-up dulu. Even pada saat awal-awal adanya TV swasta. Tayangan-tayangan macem Full-House nya Bob Saget, John Stamos dan si kembar Olsen, The Huxtables nya si Bill Cosby, Doogie Howser, MD, dan banyak tayangan semacemnya yang sangat-sangat menghibur dan terasa begitu kental nilai pendidikannya. Kenapa dulu, orang-orang yang disebut penonton yang dijadikan patokan rating tidak protes diberikan tayangan macem itu ya? Beberapa tahun yang lalu masih mending, masih ada E.R., Chicago Hope, 24, The Gillmore Girl, until recently the Desperate Housewive walopun jam tayangnya gak masuk akal. Sekarang all I can do adalah mengakrabi Metro TV yang masih punya Commander in Chief. *sigh*

Anyway, enjoykanlah ... *sambil nyanyi-nyanyi kecil soundtracknya sinetron yang menghantui telinga saya*

Labels: ,


posted by .:nien:.

|