Monday, December 19, 2005

Pernak-pernik job interview


Huwaaahh ... apalagi nih?
Selama pengalaman hampir 8 tahun pengalaman saya bekerja, mungkin hampir selama itu juga karir saya sebagai job seeker. Sejak tahun ke 2 saya bekerja di kantor yang dulu, saya udah mulei tuh, browsing-browsing kerjaan di tempat lain. ENtah apa alasan saya dulu cari kerja? Pokoknya saya gak inget, aja? Tapi kalo gak salah, alasan-alasan yang pernah terpikir adalah, cari pengalaman baru, ngecheck argo, sampe mengalami kebosenan yang sudah sampe di ujung ubun-ubun.

Pengalaman melamar kerja, dipanggil kerja, dan diinterview oleh tempat lain, sedikit banyak merupakan pengalaman tersendiri buat saya. Apa guna dipanggil untuk interview sih, kalo kita gak bisa dapet ilmu apapun dari situ walopun kita gak sukses terpilih menjadi the chosen ONE. Sering kali apa yang saya dapat pada saat saya test, selalu saya aplikasikan di tempat saya bekerja. Entah itu form isian buat para candidates, cara menginterview, dll deh. Walopun gak 100% niru persis, tapi ternyata saya mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa saya ambil. Sapa bilang kalo ada panggilan ke tempat lain, in a way, merupakan suatu perselingkuhan yang mutlak pada tempat kita kerja? hehheh ...
Lucu nya mengenai pengalaman interview. Saya adalah orang yang paling gak bisa ditempatkan di posisi yang seperti itu, I mean posisi yang mengetest saya. Dijamin pasti saya nervous tanpa ujung pangkal, bertangan dingin dan deg-degan yang mendalam. Setelah saya pikir-pikir ... ngapain juga ya nervous sampe gak karu-karuan? Terbeban? Maybe? Saya masi belum bisa find out juga, whether saya takut mengatakan hal yang salah ataupun terlalu berusaha memberikan good impression pada interviewer saya? Tapi teuteup lah ... yang namanya saya ... walaupun pada saat interview, saya berasa o'on banget (and resulting saya gak diterima di perusahaan tersebut). Hikmahnya, cara-cara interview nya bisa saya terapkan di kantor saya dulu. Sambil trial and error sampe saya nemu format yang enak dan perfect buat ngorek-ngorek info mengenai pelamar hehehe ...

So far, sekarang tiap kali ada panggilan ... of course udah gak senervous pada saat jaman pertama-tama saya apply-apply dulu. Kalo dikasi test-test, heheheheh ... udah agak faham ... owh ... gini toh test nya. Sama kalo pas ada interview, saya inget-inget jaman saya masi nervous terbata-bata dulu, sekarang kok saya jadi lebih sering ngobrolnya sama interviewer saya dari pada interview nya. Pernah sih, ada di suatu tempat, saya malah bisa mengemukakan ide saya yang agak nyeleneh heheheh ...

Intinya, untuk menghadapi hal-hal kayak gini kita harus siap. Beberapa hari yang lalu, saya ada panggilan di suatu tempat. OK banget sih tempatnya. Dan karena saya udah lama gak interview, dan karena tempat ini OK banget, saya tiba-tiba ngerasa harus konsultasi lagi dengan teman saya yang juga baru aja ada panggilan interview setelah 3 thn stop dari dunia perjobseekeran. Dia kirimi saya beberapa tips dari sebuah consultant mengenai FAQ dari interviewer (biasanya pasti gak jauh-jauh dari pertanyaan-pertanyaan itu) dan juga mengenai Interview Checklist yang kayak-kayaknya membantu jobseeker untuk lebih PD untuk menghadapi the BIG DAY. Tips-tips nya antara lain (actually, the simplest thing that everybody knows tapi it's nice to know for refreshment and reminder) about knowing ourselves - seperti strength, weaknesses dan acomplishments; big homework about reseaching the company, be earlier, show enthusiasm, be well dressed and properly groomed.

Untuk itu, saya melakukan the best preparation untuk menghadapi the BIG DAY. Walaupun bisa dibilang saya sudah sering menghadapi yang seperti ini, tapi teuteup saya harus melakukan persiapan yang matang, apalagi saya sudah lebih dari setahun tidak menghadapi any single job interview at all. Jadinya, H-1 sebelum hari interview saya sudah plan kan untuk belanja beberapa hal yang saya pikir saya butuhkan. Hem putih itu udah jadi andalan saya. Saya punya banyak hem putih dengan berbagai macam versi, but I never get enough of white clean cut shirt. Bisa dibilang saya agak kecanduan hem putih. Pas saya lihat-lihat di lemari, hmmm ... udah gak terlalu putih lagi. I need to buy a new one (hehehe ... alesan banget deh!). Alhasil, pergilah saya,Angga, dan Nana. The shopping process was quite fast, karena saya gak mau terlalu lama sehingga kurang waktu istirahat untuk besoknya. Within half an hour, saya sudah dapet hem putih dan stocking berwarna gelap yang saya butuhkan. Sebelum pulang, kami mampir ke TB Gunung Agung dulu untuk beli bolpen dan Angga butuh beli majalah sebagai bekalnya untuk berlibur akhir tahun ke Bali.

Kurang lebih jam 22.50 malem ada SMS masuk ke HP saya,
From : Angga Suryokusumo Sukarman
Mbak, dah tidur? Hmmm ... Blanjaan kita jadinya ketuker neh. Piye?

dieeenggggg!!!! APA????????

Reply:
Yak ampyunnnn ... makanya dehhhhh! Gak usah becanda yang gak-gak ... kejadian dehh sekarang! Bentar Ngga, mo ketawa duluh!

EMang siih, pada saat kami mengambil belanjaan kami dari tempat penitipan barang, sempat ada becandaan yg kayak gini neh,
"Mbak, kalo ketuker gimana neh? Secara belanjaanmu blouse putih dan kaos yang aku beli juga putih."

Hmmm ... saya terpekur diam membayangkan blouse putih yang saya beli ada di rumah Angga di Sidoarjo sana. I tried very hard not to get panic. Akhirnya saya telponlah dia dan meng'arranged something untuk keesokan harinya.

Keesokan harinya, saya masih harus memfotokopi beberapa hal dan hari itu seemed to be very tight schedulenya. AKhirnya saya putusin not to wear that new pretty blouse (by canceling my arrangement with Angga) dan titip mamie saya untuk membelikan dark stocking yang saya butuhkan. Angga sempet nanya though, "Are you sure? Nggak nggreweli (baca:rewel) tanpa barang baru mu?" I said, "100% sure, Ngga! See you di EF aja ntar sore abis interview!"

Akhirnya, panggilan kerja yang menghabiskan waktu cukup lama itu berlalu sudah (sekitar 5 jam'an). Semua barang yang saya pake akhirnya barang yang sebenernya ada di lemari (stockingpun yg dibeli Ibu saya, ternyata juga cacat sebelum saya sempet pake). Everything went well, walopun saya menyalahi aturan yang be earlier, karena saya datengnya sangat-sangat mepet dengan waktu appointment kami (hhehehhehe ... saya 'kan nyalon duluh ... sempet nyaaaaaaa!).

Anyway, enjoykanlah. Have a good holiday mood week.


posted by .:nien:.

|